Cari Pose Lagi Syantik? Taman Botani Sukorambi Punya Spot Keren

Malam minggu yang tenang dan nggak mau kemana-mana. Bermaksud me time, menonton film dan ditemani secangkir susu cokelat hangat. Mendadak kedatangan tamu yang nyolonong saja ke ruang makan ketika aku kelar membuat susu cokelat. Tuh si Chaca rupanya. Dianya langsung duduk  saja dan mengambil minumanku tanpa permisi.

“Eh Chaca. Kamu tuh ya udah hampir numpahin susuku gara-gara kaget kamu datang, tambah diminum juga.”

“Kamu yang ngacangin chat aku, nggak bales-bales. Makanya aku ke sini. Nggak lihat nih aku lagi sedih. Kasihini aku dong.”

Lah kok malah aku yang disalahin.

“Sorry… sorry… baterai lowbat. Sedih kenapa sih, Cha?”

“Rendy ninggalin aku…”

“Hah? Dia selingkuh? Masak sih? Rendy kan nggak ada muka-muka mendua.”

“Bukan!”

“Terus maksudnya apaan?”

“Lihat nih.”

Chaca nyodorin handphonenya yang menampilkan foto Rendy dengan pemandangan di atas puncak.

“Dia pergi sama teman-temannya dan nggak ngajak aku. Sedih kan.”

“Ya, ampun, Cha. Kirain apa.”

“Katanya pamit ke rumah nenek di Kediri, tahunya malah senang-senang.”

“Gini deh, Cha. Biar kamu nggak sedih, jalan aja deh sama aku. Ke tempat keren dan gantian pamer foto ke Rendy.”

Tiap ada masalah, Chaca memang larinya ke aku. Seperti sebelum-sebelumnya, sedihnya berkurang jika sudah ditumpahkan padaku. Dan malam minggu ini tidak menjadi tenang tidak seperti prediksiku karena jari-jari ini di atas layar handphone sibuk mencari destinasi kemana. Demi Chaca. Maklum cewek kalau jalan-jalan maunya berfoto syantik so tempatnya juga harus syantik, suatu situs mendaratkanku pada taman yang lagi hits di Kota Jember.

Taman Botani Sukorambi

logo4.jpg
Sumber : http://tamanbotanisukorambi.com

Namanya juga taman mesti tahunya bunga-bunga yang bermekaran kan? Benar, Taman Botani Sukorambi menyajikan aneka ragam koleksi bunga. Duh sudah kebayang fenomena “I Feel Free”-nya Princess Syahrini bakal bermanja-manja ria di sana. Memang inceran kita si bunga-bunga, hehehe.

Eh, Taman Botani Sukorambi bukan sekedar taman biasa. Ini taman wisata alam yang mengusung konsep rekreasi sambil belajar. Kita bisa melihat dari dekat dan mendapat wawasan berbagai koleksi flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Wisata ini mudah dijangkau dari pusat kota Jember sekitar sepuluh menit. Tetap saja karena belum pernah ke sana dan takut kesasar, aku cari tahu akses mudah bagaimana mencapai lokasi. Situs Taman Botani Sukorambi memberikan petunjuk peta yang jelas. Nih  Google Map. Cukup melewati jalur utama dari dari Jember, yaitu Jl. Nasional III lalu menuju Jl. Kaca Piring, atau melewati jalur alternatif, yaitu Jl. Gajah Mada bila jalan utama macet.

Mahal nggak sih tiketnya? Ini yang jadi pertimbangan jika ngeluarin uang untuk senang-senang. Ternyata berwisata ke Taman Botani Sukorambi murah di dompet loh.

Senin s/d Kamis

Sabtu s/d Minggu dan Hari Libur

12.000 per orang

20.000 per orang

Buka dari pukul 07.00 sampai dengan 16.00 WIB. Jadi sudah tahulah ya kami kapan tepatnya bisa berkunjung, biar tidak salah masuk hari. Karena Jum’at tutup.

Mencari informasi lengkap destinasi yang dituju itu penting banget loh. Karena tujuanku dan Chaca buat berfoto-foto cantik jadi di sana sudah tahu spot mana yang cocok. Tidak membuang-buang waktu bingung berkeliling tidak jelas nantinya.

Ini nih spot kece berfoto yang sudah kami incer kalau ke Taman Botani Sukorambi

  1. Tulisan Taman Botani Sukorambi
35928057_271281280299965_4160172990115348480_n.jpg
Instagram.com/tarotdarma

Sebelum masuk ke dalam, nggak ada salahnya dong berfoto di depan tulisan wisata ini. Serasa ada kebanggaan sudah berhasil menginjakkan kaki di sini dan disambut oleh Taman Botani Sukorambi.

Ataupun tulisan Taman Botani Sukorambi di sudut tertentu.

31680549_250141592223876_7940319362550857728_n.jpg
Instagram.com/deby_dizarty

 

  1. Taman Bunga dan Buah
175-BUNGA-DAISY-KUNING.jpg
Sumber : http://tamanbotanisukorambi.com/
35001067_2083243671716936_6258210857184919552_n.jpg
Instagram.com/minoory_chan

Bergaya di antara ratusan bunga dan buah. Lebih dari 200 jenis spesies loh yang tersebar di beberapa sudut taman. Kebayangkan bagaimana warna-warninya menghiasi background foto.

  1. Kolam Koi
P6040152.jpg
Sumber : http://tamanbotanisukorambi.com/
36136613_192507264927592_157507042133671936_n.jpg
Instagram.com/gigihrevanda

Asyiknya bakal melihat langsung koleksi ikan koi dalam kolam. Kolamnya indah kok. Ada bebatuan di sekitarnya. Cakep deh! Berpose manja dikelilingi mereka.

  1. Payung warna-warni yang bergelantungan di udara
36136129_1052777638206278_7502762495459721216_n.jpg
Instagram.com/ekawidyamustika17

Walaupun bukan wahana rekreasi maupun belajar, spot ini layak digunakan untuk berfoto. Ini instagramable banget. Jalan yang dipenuhi payung warna-warni mencolok mengudara bak pelangi di langit tentunya membuat foto tampak ceria.

5. Hamparan sawah yang menghijau

 

34983107_171679613688219_9205280784200499200_n.jpg
instagram.com/uun_dion

Taman Botani Sukorambi dikelilingi pesawahan, serasa berada di pedesaan loh! Jika background sebelumnya penuh warna-warni, kini fokus ke warna hijau yang adem di hati.

6. Hutan dengan jajaran pepohonan

36598421_251814045407255_1333730767250915328_n.jpg
instagram.com/pritahw

Tema hijau kembali. Asri banget suasananya bakal dikelilingi hijaunya dedaunan.

7. Rumah Pohon

57.jpg
Sumber : http://tamanbotanisukorambi.com/
34820272_234238833839225_3318996799015878656_n.jpg
instagram.com/wahjunisandra

Berfoto dengan panorama Taman Botani Sukorambi kayaknya cuma bisa didapat dari ketinggian. Di atas rumah pohon ini, lokasi favorit untuk selfie. Dijamin keren deh hasil fotoku nanti.

 

Gak cuma lokasi yang menjadikan foto itu cantik.

Ada tips yang juga mendukung bagusnya hasil pemotretan.

Aku kasih tahu rahasianya ya. Biar feeds tambah kece badai.

  • Datang lebih pagi.

Pastinya suka hasil foto selama cuaca cerah. Pagi hari adalah saat-saat momen golden hour  yang menghasilkan foto berkualitas cahaya lembut dan halus. Nah, usahakan jangan kesiangan. Lagipula jika sudah siang, tempat wisata bakal ramai pengunjung.

  • Bawa perlengkapan tambahan

Melengkapi kamera handphone, tongsis pastinya jangan ketinggalan untuk memudahkan menangkap momen-momen yang ingin diabadikan. Bagi yang punya mirrorless atau DLSR, wajib bawa lensa dan tripod agar semua objek bisa tertangkap dengan sempurna.

  • OOTD (Outfit of The Day)

Namanya juga cewek. Sebagai objek foto harus memperhatikan penampilan disesuaikan dengan tempat wisata yang akan dituju. Jangan salah bawa kostum. Tentunya harus membuat nyaman juga.

  • Perhatikan Komposisi yang Pas

Jangan cepat puas dengan hasil jepretan pertama. Cari sudut lain yang anti-mainstream. Eksplor lokasi tersebut, berikan sedikit kreatif dan mainkan bermacam angle dengan jarak yang bervariasi.

Kece kan saranku? Yang jelas akan kuprakterkan nantinya kok.

Habis berkeliling dan foto-foto, terus ngapain?

Selonjoran dulu lah ya di gazebo. Sembari istirahat, buka-buka hasil jepretan.

gazebo1a.jpg
Sumber : http://tamanbotanisukorambi.com/

Beruntung Taman Botani Sukorambi menyediakan jaringan wifi, kesempatan bagus untuk unggah foto tanpa memakai paket data. Mumpung masih di lokasi wisata, aku bakal bisa gunakan fitur lokasi Instagram untuk memberitahu teman-teman dimana lokasi aku mengambil foto ini. Alias langsung pamer hahaha. Memang liburan tuh serasa nggak lengkap kalau belum mengupload bukti momen ke sosial media. Maklum anak milenial mah gini, hahaha.

Penat terobati, lanjut renang deh!

Emang di Taman Botani Sukorambi ada kolam renang? Ada dong, jangan dikira cuma fauna dan flora ya. Memiliki rencana bakalan renang di sana, siap bawa pakaian renang dong ya. Sebagai muslimah, aku nggak khawatir akan berenang di sini. Taman Botani Sukorambi menyediakan kolam renang privasi khusus muslimah.

muslimah2.jpg
Sumber : http://tamanbotanisukorambi.com/

Senang banget mendapati wisata halal begini. Berwisata jadi aman. Byur… byur… byur… bakal menyegarkan pikiran nih air kolamnya yang alami. Memang berasal dari mata air alami loh yang selalu mengalir dari hulu ke hilir.

 

Kebiasaan habis renang, meski bawaannya lapar. Lagi-lagi aku dan Chaha nggak akan khawatir karena ada restoran yang tepat di sisi kolam renang yang tentunya menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman. Yam… Yam… Yam…

resto1.jpg
Sumber : http://tamanbotanisukorambi.com/

“Ada apa lagi di sana?” Tanya Chaca.

Buka-buka lagi situs Taman Botani Sukorambi. Nah selain tempat-tempat menarik yang sudah kusebutkan di atas, masih banyak banget wahana yang perlu dicoba. Sarana rekreasi dan belajarnya sungguh memanjakan dan mengedukasi wisatawan yang datang. Di antaranya :

·         Aneka Permainan Outbond

·         Permainan air

·         Flying Fox Jungle

·         Flying Fox Tombro

·         Pondok Baca

·         Arena Berkuda

·         Aneka Kolam Renang (Dewasa, Remaja, Anak, Pelangi 1, Pelangi 2)

·         Bunny And Friends Village

·         Pembenihan Ikan Koi dan Lobster Air Tawar

·         Kebun Edukasi Hidroponik

·         Koleksi Hewan Hias dan Hewan Langka

up1-1.jpg
Sumber : http://tamanbotanisukorambi.com/

Beragam wahana yang tersedia ini bisa digunakan semua kalangan pengunjung yang datang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Banyaknya wahana yang ditawarkan nggak bakal kehabisan ide untuk berfoto kok. Jadi aku nggak bakal khawatir-lah ya.

Rasanya pengen menikmati semua wahana, tapi kan nggak cukup satu hari? Hmm…

“Ya, nginep saja.” Celetuk Chaca. “Lihat nih. Taman Botani Sukorambi ada villanya loh.”

Ide Chaca bagus juga. Fasilitas villa cukup lengkap. Terdiri dua kamar dan ruang tamu. Juga ada dapur, tempat tidur yang nyaman, dan kamar mandi yang dilengkapi dengan fasilitas air hangat.

villa.jpg
Sumber : http://tamanbotanisukorambi.com/

Ambillah! Sepakat deh, kita berdua akan menginap di villa Taman Botani Sukorambi. Bermalam dengan suasana alam asri tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Serasa camping kayaknya ya hehe. Menikmati suasana Taman Botani Sukorambi di malam hari tentunya akan menambah daftar spot cantik kami. Suasana yang bakal berbeda dibandingkan ketika siang hari.

Hal terakhir yang akan kulakukan di Taman Botani Sukorambi adalah beli oleh-oleh.

DSC_0210.jpg
Sumber : http://tamanbotanisukorambi.com/

Namanya juga berwisata alam, buah tangan yang dibawa pulang pun tanaman dan buah-buahan. Tempat belanjanya di Horti Hut. Buahnya fresh karena di saat pohon berbuah, hasil panen itulah yang dijual ke para tamu di Horti Hut. Aku sangat suka mengonsumsi buah-buahan, stock buah harus tersedia selalu di dalam kulkas. Membawa pulang bibit tanaman akan membuatku belajar mencintai alam dan berusaha merawatnya. Oh ya, ada stan Horti Hut yang menarik untuk berfoto jika stok buah melimpah. Sebuah background dengan tulisan “Taman Botani Sukorambi”. Lagi-lagi bisa menambah koleksi foto cantik.

Logo-Botani-1

Nggak salah kan ya aku memilih Taman Botani Sukorambi sebagai calon destinasi jalan-jalanku nanti bareng Chaca. Aku rekomendasi banget sih, walaupun belum pergi ke sana. Siapa tahu ada yang mau barengan pergi ke sana biar tambah seru jalan-jalannya. Tahu kenapa Taman Botani Sukorambi itu patut dikunjungi?

Ini keunggulan Taman Botani Sukorambi yang wajib kalian tahu.

  • Harga Terjangkau

Cukup keluarkan 20.000 untuk weekend atau 12.000 untuk weekday sudah bisa menikmati isi Taman Botani Sukorambi.

  • Lokasi Strategis

Tidak jauh dari pusat Kota Jember, hanya sepuluh menit sudah bisa sampai ke Taman Botani Sukorambi.

  • Area parkir luas

Mau datang menggunakan bis, mobil atau motor? Parkirannya muat kok karena sangat luas mampu menampung hingga 10 kendaraan truk bus, 100 mobil, dan 200 sepeda motor.

  • Arena belajar dan rekreasi

Mau rekreasi atau belajar? Atau dua-duanya sekaligus. Semuanya lengkap ada di dalam Taman Botani Sukorambi.

  • Fasilitas rapat bagi perusahaan

Selain tempat rekreasi, Taman Botani Sukorambi memiliki fasilitas rapat bagi perusahaan. Yakni bangunan Pondok Rapat Garahu. Taman Botani Sukorambi juga menyediakan berbagai fasilitas rapat yang lengkap. Seperti, viewer, alat tulis, papan, pengeras suara. Selain itu, disediakan pula makanan dan minuman kopi.

  • Restoran

Tidak perlu keluar area wisata ini untuk mencari makan. Di dalam Taman Botani Sukorambi sudah menyediakan tempat makan.

  • Wifi

Taman Botani Sukorambi dilengkapi dengan fasilitas internet melalui jaringan wifi. Jaringan ini bisa dijangkau pada area seluas delapan hektare tersebut.

  • Villa

Bisa menginap juga di Taman Botani Sukorambi bagi yang ingin menikmati alam di malam hari.

  • Kamar mandi lengkap

Tidak hanya kamar mandi umum, bagi kaum muslimah maupun disable tersedia kamar mandi khusus yang diperuntukkan mereka.

  • Area Outbond

Mau outbound wisata air, darat, atau udara? Bisa request permainannya di sini.

  • Arena atraksi dan hiburan

Bagi yang mau bersantai, bisa menuju Pondok Seni untuk menonton pementasan atau mau menyaksikan pertunjukan budaya melalui panggung terbuka untuk musik.

  • Belanja Tanaman dan Buah-Buahan

Mau bawa pulang oleh-oleh hasil panen? Datang ke Hortihut Taman Botani Sukorambi

  • Akses berkeliling yang mudah

Untuk turun menuju area bawah atau pun sebaliknya, disediakan akses bagi pejalan kaki. Bagi yang tidak mau menguras tenaga, ada kendaraan Golf Cart.

  • Area barbeque outdoor

Datang berkelompok dan mengadakan pesta taman? Taman Botani Sukorambi menyediakan fasilitas barbeque outdoor.

Bisa dibilang, Worth it! Serasa berwisata paket komplit. Bisa bermain, bisa belajar, bisa menginap, bisa berfoto kekinian tentunya, hehehe. Apalagi fasilitasnya aman dan lengkap lagi. Nggak sabar segera berkunjung ke Taman Botani Sukorambi.

“Siap yuk, Cha.”

Destinasi wisata Jember memang luar biasa kok. Apalagi Jember makin rame saja dengan suguhan wisatanya.  Penasaran selain Taman Botani Sukorambi ada wisata apa saja, nantikan di artikel selanjutnya.

jalan-turun2.jpg
Sumber : http://tamanbotanisukorambi.com/

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2

Lomba Blog Destinasi Wisata Jember #2.jpeg


One thought on “Cari Pose Lagi Syantik? Taman Botani Sukorambi Punya Spot Keren

Leave a comment