Bersama Cheria Holiday Wujudkan Mimpi Shalat di Masjidil Aqso

Cover Blog

Nun jauh di negeri yang ribuan kilometer jauhnya, sebuah masjid yang mulia dan juga memiliki arti nama ‘jauh’ berdiri kokoh dan sebagai tempat tersebarnya syiar-syiar para nabi ‘alaihim ash-shalatu wa salam. Yang paling utama dari para nabi dan rasul itu adalah khalilu-r Rahman, Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, kemudian Nabi Ishaq, Ya’qub, Dawud, Sulaiman, Musa, Harun, Zakariya, Yahya, Isa ‘alaihim ash-shalatu wa salam. Ialah Masjidil Aqso.

Salinan LinkedIn Post Header – Desain Tanpa Judul.jpg

Malam itu selepas mengikuti pengajian pada malam Jum’at, ibu mendadak saja mengungkapkan keinginannya melaksanakan ibadah shalat di Masjidil Aqso. Gara-gara Pak Ustad yang memberikan ceramah kisah tentang keberkahan Masjidil Aqso. Beliau juga tidak lupa memberikan doa kepada jemaah untuk bisa merasakan sholat di sana dan langsung dijawab ‘Amiinn’ dengan seru. Banyak keutamaan jika shalat di Masjidil Aqso seperti yang diriwayatkan HR. Ahmad di bawah ini :

Keutamaan Masjidil Aqsa.jpg

Subhanallah! Shalat di Masjidil Aqso seperti seribu kali shalat dari shalat di masjid-masjid biasa. Sebagai hamba yang merindukan masjid, rasanya shalat di Masjidil Aqso akan mengharukan. Siapa sih yang tidak mau pahala besar tersebut, saya pun iya. Selain pahala shalat yang dijanjikan, ada alasan lain mengapa ibu bersemangat untuk bersujud di Masjidil Aqso.

Alasan Sholat di Masjidil Aqso-Cheria Holiday.jpg

Sebagai masjid suci ketiga setelah masjidil Haram dan masjid Nabawi, Masjidil Aqso juga  menjadi tujuan wisata religi umat Islam dunia. Begitu mulianya Masjidil Aqso, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk shalat di dalamnya.

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِي هَذَا وَالْمَسْجِدِ الْأَقْصَ

“Tidak disarankan melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga Masjid, yaitu Masjid Al-Haram (di Mekkah), dan Masjidku (Masjid An-Nabawi di Madinah), dan Masjid Al-Aqsha (di Palestina)”. (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

Hampir seluruh sahabat utama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah berkunjung ke sana. Beberapa di antaranya yaitu Umar bin Khattab saat menjadi Khalifah, Abu Hurairah, Sa’ad bin Abi Waqqash, Abdullah bin Umar, Abdullah bin ‘Abbas, Abu Ubaidah bin Jarrah, Mu’az bin Jabbal, Bilal bin Rabbah, Khalid bin Walid, Abu Dzar Al-Ghiffari, Salman Al-Farisi, Abu Darda, Abu Mas’ud Al-Anshari, Amr bin ‘Ash, Abdullah bin Salam, Said bin Zaid, Murrah bin Ka’ab, Abdullah bim Amr bin Ash, Mu’awiyah bin Abu Sufyan, Auf bin Malik, Ubadah bin Shamit, Sa’id bin Al-Ash, dan Shafiyah isteri Rasulullah.

Demikian pula kalangan ulama dari kalangan tabi’in dan tokoh-tokoh ahli fiqih terkenal pernah berziarah ke Masjid Al-Aqsha, di antaranya Imam Asy-Syafi’i, Imam Al-Ghazali, Sufyan Ats-Tsauri, Rabi’ah Al-Adawiyah, Malik bin Dinar, Uwais Al-Qaruj, Imam Al-Auza’i, Muqatil bin Sufyan, Tsauban bin Yamrad, Dzum Num Al-Misri, Abdul Wahid Al-Hambali, Imam Abu Bakar Al-Thurthutsi, Imam Abu Bakar Al-‘Arabi, Abu Bakar Al-Jurjani, Abu Al-Hasan Al-Zuhri, dan yang lainnya.

Ketika para sahabat dan ulama sudah mengunjungi Masjidil Aqso, kita yang masih miskin ilmu agama, kenapa sombong tidak mau ke sana? Saya sempat malu karena meragukan keinginan ibu. Memang impian ibu selalu untuk shalat di Masjidil Aqso tidak salah.

Adakah Jalan Menuju Masjidil Aqso?

Salinan LinkedIn Post Header – Desain Tanpa Judul(1).jpg

Keinginan yang mengebu tersebut membuat ibu meminta saya menggali informasi Cheria Travel agar bisa pergi ke Masjidil Aqso. Awalnya sih saya belum bisa langsung percaya saja dengan suatu travel tour, takutnya kan kena tipu. But, well, karena ibu adalah ratu, saya turutilah. Oke deh coba saya searching dulu ya lebih lengkapnya.

Baru saja mengetikkan Cheria Travel, deretan hasil pencarian di website penuh sekali. Tampaknya travel tour ini sangat populer. Ketika saya klik website resminya https://www.cheria-travel.com/, diterangkan bahwa Cheria Holiday hadir dalam rangka memenuhi salah satu kebutuhan umat muslim melakukan perjalanan wisata yaitu pentingnya menu halal di tempat kunjungan wisata dan dapat melaksanakan ibadah sholat dengan mudah di tempat kunjungan wisata walau ke negeri non muslim sekalipun.  Keterangannya sih seperti itu. Tapi saya belum percaya kalau belum ada bukti.

Telusuri lebih lengkap, saya menemukan rekomendasi dari mereka yang sudah melakukan perjalanan wisata bersama Cheria Holiday.

Testimoni Cheria Holiday

Testimoni bertebaran di sosial media milik Cheria Holiday, khususnya di FanPages Cheria Holiday dan Channel Youtube Lomba Menulis Artikel Kreatif. Foto-foto menguatkan bukti perjalanan para peserta. Wow, banyak banget ya yang sudah berkeliling dunia bersama Cheria Holiday, kebanyakan di luar negeri, seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Korea Selatan, Cina, Jepang, India, bahkan beberapa negara Eropa. Tampak mereka diselimuti keceriaan ketika traveling, sesuai banget dengan nama tournya yang Cheria.

Loh, itu kan Pevita Pearce! Artis cantik itu memakai pakaian tebal berlatar belakang salju. Asyik banget. Dia tidak mau ketinggalan  ikutserta dengan mengambil Tour Wisata Turki.

Tren traveling yang berkonsep wisata halal memang sedang naik daun. Inilah yang ditawarkan Cheria Holiday yang mengkonsep berwisata menjadi nyaman dengan label kehalalan. Prinsipnya, salat lima waktu wajib dilaksanakan, dan bisa menikmati makanan halal dan bebas alkohol di negara-negara nonmuslim.

Impian Bakal Terwujud Berkat Cheria Holiday

Sebagai spesialitas Paket Tour Wisata Halal Indonesia dan Internasional, Cheria Holiday menjawab keinginan saya dan ibu. Lagi-lagi ibu selalu benar dengan pilihannya, Cheria Holiday cocok banget dengan kebutuhan kami ke luar negeri. Setelah saya cari informasi, saya tahu alasan kenapa saya harus melakukan travel wisata halal bersama Cheria Holiday.

Keunggulan Cheria Holiday.jpg

Sejak tahun 2012, Cheria Holiday sudah melayani ribuan wisatawan dan peziarah dengan komitmen pelayanan terbaik dengan harga bersaing dan garansi kepuasan pelanggan. Layanan mencakup kebutuhan paket tour muslim untuk dalam dan luar negeri juga menyediakan tiket, hotel, visa dan kebutuhan perjalanan lainnya baik untuk kebutuhan personal, corporate atau grup. Tidak hanya paket tour wisata, Cheria Holiday juga melayani travel haji plus umroh. Kita bisa melakukan perjalanan secara private/group/perorangan.  Untuk Tiket Cheria adalah Agen IATA baik Domestik maupun Internasional dan Untuk Layanan Haji Plus dan Umroh Cheria adalah Agen Resmi Madinah Iman Wisata Cabang Jakarta dengan Izin Resmi Depag No. 118/2015 dan D/70/2015. Jadi sudah mendapat izin membuat diri ini percaya dengan travel tour ini!

Yang masih kepo dengan Cheria Holiday, bisa hubungi nomor di bawah ini ya. Atau mau datang ke kantor pusatnya langsung, bisa kok!

Kontak Cheria Holiday

Bumi Para Nabi yang Akan Dijumpai

Kembali ke keinginan kami untuk bisa shalat di Masjidil Aqso. Saya mendapatkan paket tour yang ditawarkan Cheria Holiday yakni Paket Tour Ziarah Masjidil Aqso 2018 (Program Ziarah Jejak Rosul). Tidak hanya ke Negara Palestina dimana Masjidil Aqso itu berada, paket tersebut mencakup tiga negara sekaligus dalam 11 hari perjalanan. Alamak! Luar biasa kerennya. Kita akan diajak ke Mesir, Palestina, dan Jordan. Lihat saja di video yang menunjukkan bagaimana perjalanan para peserta yang sudah mengambil paket tersebut.

Yang membuat saya kagum dengan Paket Tour Ziarah Masjidil Aqso, kita akan memahami perjuangan para rosul dan pejuang Islam lainnya di muka bumi. Kenapa begitu? Karena terdapat jejak-jejak Nabi dalam negara-negara tersebut. Inilah kelebihan dari paket tour ini. Dalam perjalanan wisata religi kali ini peserta dapat napak tilas dan memahami lebih jauh sejarah para Nabi diantaranya : Muhammad SAW, Musa As, Ibrahim As, Sholeh As, Yunus As, Harun As. Kita akan mengunjungi makam para nabi dan situs-situs penting berkaitan dengan kisah para nabi yang tertulis di Al-Quran. Makanya tour ini juga disebut Tour Jejak Rosul.

Bumi Para Nabi-Cheria Holiday.jpgJejak-jekal Islam juga direpresentasikan lewat beragam peninggalan. Mulai dari masjid-masjid tua dan situs bersejarah. Tersimpannya jejak-jejak peradaban Islam pada zaman para Nabi  di negara-negara Timur Tengah seperti Mesir, Palestina dan Jordan memang menjadi tujuan favorit para pelancong muslim dari berbagai negara

Serunya Ziarah ke Negeri Para Nabi di Tiga Negara (Mesir, Palestina, Jordan)

Setiap bulan dari Januari hingga November sepanjang tahun 2018 ini, Paket Tour Ziarah Masjidil Aqso 2018 (Program Ziarah Jejak Rosul) dibuka jadwal keberangkat. Paket ini ditawarkan oleh Cheria Holiday seharga USD 1640/orang dengan keberangkatan menaiki Pesawat Omanair. Ada tambahan opsi tour yang bisa dipilih bagi yang mau menambah objek wisata, yang tentunya akan menambah biaya. Di hari ke – 2 tersedia optional tour untuk ke Ruangan Khusus Mumi Fir’aun dengan harga USD 15 / pax 2. Di hari ke – 4 tersedia optional tour yaitu mendaki ke Gunung Sinai, dengan harga USD 40 / pax.
Paket Tour Ziarah Masjidil Aqso.jpg

Tiga negara kemana saja dan berapa lama? Selama 11 hari perjalanan mengelilingi Mesir, Palestina dan Jordan dengan rute kota yang dikunjungi yakni Cairo, Alexandria, St. Catherine, Taba, Jerussalem, Hebron, Jericho, Allenby, Petra, Amman, Muscat.

Jadwal Ziarah Aqso-Cheria HolidayPenasaran kan, perjalanan Napak tilas jejak Nabi lebih lengkapnya bagaimana? Sini ikut saya, saya akan jadi tour guide ya, hehe.

Jadwal Paket Tour Aqso-Cheria Holiday 1.jpgHari keberangkatan yang ditunggu-tunggu bagi peserta tentunya. Kalau saya beneran berangkat, tentunya deg-deg-deg an membayangkan pesawat yang akan menerbangkan saya ke Cairo-Mesir.

Jadwal Paket Tour Aqso-Cheria Holiday 2.jpgBukan ke Mesir namanya kalau tidak mengunjungi Pyramida dan Sphinx. Mesti dong, ingat Mesir ingat kedua ikon pariwisata tersebut. Keduanya terletak di Giza, kawasan yang sudah menyatu dengan Cairo. Menurut catatan Herodotus, sejarawan Yunani Kuno yang hidup pada abad ke-5 SM, piramida yang merupakan kuburan sang raja ini dibangun oleh 100.000 pekerja. Bahan bakunya adalah batu dan tanah yang disusun hingga membentuk piramida. Piramida dibangun tahun 2.530 SM oleh Raja Pharaoh Khufu.  Di barat laut Great Pyramid terletak Sphinx, patung singa berkepala manusia. Tingginya hanya 20 meter dengan lebar 73,5 meter. Piramida dan patung ini dibangun selama empat dinasti, sekitar 2.600 hingga 2.000 SM.

Tour Ziarah Cheria Holiday 2Destinasi di Cairo tidak hanya Pyramid dan Sphinx, kita akan diajak berziarah ke Makam Abū ʿAbdullāh Muhammad ibn Idrīs al-Shāfiʿī, yaitu seorang mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri mazhab Syafi’i. Kemudian ke Parfume Factory dan Papyrus. Setelah itu ke Egyptian Museum yang memiliki ruang khusus dan isinya terdiri dari koleksi mumi. Disini banyak peninggalan raja paling muda yang terbuat dari bahan emas murni. Koleksi yang paling fenomenal di museum Mesir ini adalah harta karun peninggalan raja Tuthankhamen.

Perjalanan dilanjutkan menuju Masjid Al Azhar, serta Husein Mosque sekaligus ziarah ke makam cucu Rasulullah SAW. Husein Mosque adalah masjid terluas di Kairo dan juga merupakan monumen Islam. Masjid ini sejak lama telah dinobatkan sebagai masjid negara.

Tidak hanya touring saja, kita akan diajak belanja oleh-oleh di Khan El Khalili Bazaar. Duh, perempuan kalau diajak ke tempat ginian mesti gelap mata nggak ingat isi dompet, hahaha. Disini banyak menjual pernak-pernik khas Mesir seperti gelang, kalung, lampu, miniatur piramid, pashmina, scarf, bumbu dapur, keffiyeh, karpet, magnet kulkas, papyrus, alat musik tradisional, topi mantel, kartu pos, sepatu kulit, abaya (baju panjang semacam gamis), peralatan shisha, sampai kostum penari perut dan benda-benda khas untuk oleh-oleh. Tidak hanya itu, di pasar ini juga banyak dijual rempah-rempah untuk bahan obat herbal atau bumbu-bumbu masak kering. Rasa-rasanya pengen borong semuanya.

Tour Aqso Cheria HolidayTerakhir ke Nile Cruise, ini merupakan restoran terapung di Sungai Nil. Di sini kitadapat menikmati makan malam, tari Khas Mesir dan ada live musiknya. Duh, seru banget. Tour hari pertama di Cairo kayak gini bikin ceria terus, apalagi hari selanjutnya ya.

Jadwal Paket Tour Aqso-Cheria Holiday  3.jpgSebagai kota terbesar kedua di Mesir setelah Cairo, Alexandria adalah kota eksotik. Sesuai namanya yang cantik, kota di pesisir utara Mesir ini memang sangat cantik  berhadapan langsung dengan birunya Laut Mediterania. Ya, kita akan diajak melihat pantai yang dihiasi hamparan pasir putih kekuningan yang berbaur dengan bebatuan menonjol di sana-sini.

Berdiri megah di bibir Laut Mediterania, ada Citadel of Qaitbay atau Benteng Qaitbay. Berada di benteng ini, kita dapat menyaksikan sebuah karya arsitektur benteng yang indah dengan lorong lorong panjang serta pandangan lepas ke Laut Mediterania nan luas. Citadel of Qaitbay dibangun oleh salah satu sultan dari Dinasti Mamluk, al-Ashraf an-Nashr Syaifudin Qaitbay, pada 1423 M, dan berfungsi untuk menahan serangan yang kerap datang untuk menyerang Mesir.

Juga ada Pantai Alexandria. Pantai tersebut bisa kita lihat dari Istana Montazah yang merupakan tempat peristirahatan bagi keluarga Raja Farouk. Istana ini memiliki taman asri yang terhampar seluas 155 hektar. Dari sisi utaranya kita bisa menikmati indahnya pantai dan matahari terbenam. Tidak akan sia-sia datang ke Alexandria yang begitu indahnya.

Tour Ziarah Cheria Holiday 3Alexander The Great atau Iskandar Zulkarnain dari Romawi pada tahun 332 SM, kota pelabuhan ini pernah menjadi ibukota Mesir selama 1.000 tahun. Perpustakaan Alexandria adalah salah satu bukti peninggalan sejarah yang sangat mengagumkan di kota ini sebagai sebuah perpustakaan tertua di dunia. Perpustakaan ini didirikan pada tahun 323 SM oleh Ptolemi I, penguasa panglima militer yang dikenal sangat mencintai ilmu.

Kunjungan lain yang dilakukan adalah ziarah ke Makam Nabi Daniyal dan Lukmanul Hakim. Dilanjutkan dengan mengunjungi Masjid Mursi Abu Abbas, Makam Imam Busiri, Makam Abu Darda yang merupakan sahabat Rasulullah SAW. Masjid Mursi Abu Abbas merupakan masjid terindah dan paling bersejarah di Alexandria. Masjid ini dibangun pada 1775 M untuk menghormati Syekh Abu al-Abbas al-Mursi, ulama Andalusia yang makamnya terdapat di dalam tempat ibadah ini.

Jadwal Paket Tour Aqso-Cheria Holiday  4.jpgAda biara yang dilindungi Nabi Muhammad SAW, dan beruntunglah kita akan mengetahui biara tersebut. Pada tahun 628 M (6 Hijriyah), Nabi Muhammad SAW pernah menulis surat kepada para Pendeta dari Biara St.Catherine (Santa Katarina) yang datang ke Madinah untuk mengunjungi Rasulullah. Surat Asli dengan Stempel Asli Nabi Muhammad SAW saat ini diawetkan museum Topkapi di Turki, sementara salinannya disimpan di St. Catherine Monastery.

Untuk menuju ke ST. Catherine, kita akan melalui Terusan Suez yang memisahkan Benua Asia dan Afrika dan sebagai sumber Devisa negara Mesir dengan melewati Terowongan Ahmad Hamdi dan melewati ‘Uyun Musa yang merupakan 12 sumur air Nabi Musa.  Sumur yang konon adalah mata air yang memancar setelah Nabi Musa AS memukulkan tongkatnya pada batu atas perintah Allah.  Munculnya 12 mata air menjadikan setiap suku dapat menikmatinya tanpa berebutan.

Dimana Fir’aun tenggelam, ke sanalah kita akan melihat lokasinya. Laut Merah yang menyimpan kisah tentang kebesaran Allah SWT akan bukti kesombongan dan kekejaman Fir’aun beserta bala tentaranya.

Tour Ziarah Cheria Holiday 4Siapapun pasti tahu kisah Nabi Musa yang membelah Laut Merah. Kisah tersebut diperkirakan terjadi sekitar 3.500 tahun silam. Dalam Alquran disebutkan, “Dan (ingatlah), ketika Kami belah laut untukmu, lalu Kami selamatkan kamu dan Kami tenggelamkan (Fir’aun) dan pengikut-pengikutnya sedang kamu sendiri menyaksikan.” (Surat Al-Baqarah: 50). Sejarah ini diperkuat dengan ditemukannya bangkai kereta kuda dan tulang-belulang manusia di Laut Merah yang diduga merupakan pasukan dan pengawal Firaun.

Bani Israil yang menyeberangi Laut Merah dengan selamat, kemudian di sesat kan oleh seorang lelaki misteri bernama Samiri semasa Nabi Musa pergi bermunajat kepada Allah swt di Bukit Sinai. Samiri di gambar kan dalam al-Quran sebagai lelaki yg tdk bertanggung jawab mengukir patung sapi emas untuk menjadi bahan sembahan kaum Bani Israil. Akhirnya sebagian dari mereka pun tersesat mengikuti ajakan Samiri menyembah berhala tersebut. Patung Al – Samiri kini menjadi salah satu destinasi wisata di Cairo.

Gunung Sinai atau Jabal Musa di Semenanjung Sinai menjadi salah satu tempat bersejarah bagi kaum Muslim karena sebagai tempat Nabi Musa AS menerima wahyu dari Allah SWT. Ke sanalah, kita akan mendaki setelah sebelumnya mengunjungi Biara St. Catherine yang terletak di mulut tebing kaki Gunung Sinai. Dari atas Gunung Sinai, kita bisa melihat keindahan matahari terbenam serta berdo’a di puncak Gunung.

Turun ke Gurun Sinai, ada Makam Nabi Harun serta Makam Nabi Sholeh. Menurut penduduk sekitar, di sinilah Nabi Harun meninggal dunia dan dimakamkan oleh Nabi Musa. Nabi Harun tiba di wilayah Yordania saat mendampingi Nabi Musa yang membawa umatnya lari dari kejaran Firaun di Mesir. Kunjungan terakhir yakni ke Masjid Al-Wadi Al-Muqaddas.

Kisah Nabi Musa

Masya Allah, perjalanan luar biasa sekali menjelajah ke masa lampau dimana kisah-kisah dalam Al-Qur’an bisa dijumpai tilasannya. Semakin menambah syukur agar tidak menyombongkan diri atas karunia yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya.

Jadwal Paket Tour Aqso-Cheria Holiday  5.jpgMasih ada kisah Nabi Musa As menarik untuk disampaikan. Kisah yang berlanjut setelah Nabi Musa As membelah Laut Merah, beliau memenuhi panggilan Allah SWT. Beliau naik ke gunung Sinai (Thursina) setelah beliau menyempurnakan 40 malam yang diisi dengan puasa dan beribadah sendirian diatas gunung itu. Nabi Musa berdoa kepada Allah agar menampakkan diri diri-Nya.  Namun apa yang terjadi? Nabi Musa mengalami pengalaman yang begitu dasyat ketika Allah akan menampakkan diri. Allah SWT pun berfirman dan menurunkan Taurat kepada beliau.

“Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhannya telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa, ‘Ya Tuhanku, tampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau…” (QS. Al-A’raf: 143).

Tour Ziarah Cheria Holiday 5Hari ke 5 kita kembali ke sekitaran Gunung Sinai untuk merenungi kisah tersebut. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kota Taba untuk melihat Laut Merah.

Jadwal Paket Tour Aqso-Cheria Holiday 6.jpg

وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيۡتُونِ (١) وَطُورِ سِينِينَ (٢)

Artinya: “Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, dan demi bukit Sinai.” (Qs. At-Tiin [95]: 1-2)

Buah Zaitun adalah salah satu sumpah Allah atas nama suatu makhluk-Nya, ini merupakan tanda-tanda dan bukti ketauhidan-Nya serta bukti kekuasaan-Nya atas segala sesuatu. Zaitun adalah nama bukit di Baitul Maqdis. Diberi nama Bukit Zaitun dikarenakan pernah ada kebun zaitun di lereng pegunungan tersebut. Untuk menuju ke Bukit Zaitun, Jerussalem, perjalanan ditempuh dengan menyeberang melalui perbatasan Taba untuk proses imigrasi.

Di hari ke 6 inilah, impian melaksanakan sholat di Masjid Al-Aqso bakal terwujud karena memang diagendakan bisa sholat di tempatt tersebut. Selain diganjar pahala besar, Allah akan mengampuni dosa orang yang shalat di dalamnya. Masya Allah. Betapa hati ini rindu ingin segera shalat di sana. Semoga disegerakan ya. Amiinn.

Tour Ziarah Cheria Holiday 6Bethlehem adalah sebuah kota Palestina di Tepi Barat dan merupakan sebuah pusat budaya Palestina dan industri pariwisata. Di kota ini terdapat Nativity Chruch (Kanisat Al-Mahd). Di dekatnya berdiri Masjid Omar, masjid tertua di kota tua Betlehem, yang dibangun atas perintah sang khalifah Umar bin Khattab ra sekaligus sebagai monumen kemenangan Islam di tempat pusat agama Yahudi dan Kristen. Kita juga akan mengunjungi Kolam Salomo (Birak Suleiman) atau tempat pemandian Nabi Sulaiman.

Salah satu Nabi yang pernah tinggal di Palestina adalah Nabi Ibrahim As. Tepatnya di Kota Hebron. Nama lain dari Hebron adalah al-Khalil, nama yang disematkan pada Nabi Ibrahim AS. Di kota ini terdapat makam Nabi Ibrahim a.s dan keluarganya, yang berada di sebuah Gua Machpelah yang di atasnya dibangun Masjid al-Khalil (al-Haram al-Ibrahim). Masjid ini disebut-sebut masjidnya Nabi Ibrahim.

Sebagaimana disebutkan dalam berbagai buku sejarah para nabi,  sebelum Ibrahim membawa Hajar dan Ismail ke Makkah, mereka tinggal bersama di Hebron. Nabi Ibrahim menetap di kota ini, setelah meninggalkan Kota Babilonia. Di Babilonia, Ibrahim sempat berhadapan dengan Raja Namrudz, karena ia menghancurkan berhala yang menjadi sesembahan masyarakat saat itu.

Salinan Tour Aqso Cheria HolidayDi Kota Hebron, kita tidak hanya diajak berwisata rohani, juga mengunjungi kota tua dan melihat pemandangan dari kota ini. Kemudian terakhir yaitu mengunjungi Makam Nabi Yunus di kawasan Halhoul Village, sekitar 5km dari Kota Hebron.

Kisah Nabi Yunus As dikaitkan dengan paus yang menelannya ke dalam perut. Beliau pun  tinggal di perut ikan itu dalam beberapa waktu dan berada dalam tiga kegelapan; kegelapan perut ikan, kegelapan lautan, dan kegelapan malam. Oleh paus itu, beliau dibawa mengarungi lautan. Perjalanan Nabi Yunus As penuh mengandung hikmah dan tauladan bagi kita umat muslim.

Jadwal Paket Tour Aqso-Cheria Holiday  7.jpgJerussalem termasuk dalam kota yang bersejarah. Kita akan temukan banyak bangunan bersejarah, museum sejarah, kitab agama samawi yerusalem, serta pemandangan yang menarik.

Jika hari sebelumnya, kita hanya mengunjungi Masjid Al-Aqso, hari ini diajak mengunjungi Komplek Al – Aqso (Al-Haram Al Sharif), seperti Dome of the Rock, MT. Olive, Salam El Farisi Mosque dan Bouraq Mosque. Dome of the Rock adalah bangunan kubah batu dengan warna emas atau biasa disebut Qubah Al Sakhra (Masjid Kubah Batu) disebut sebagai kubah pertama yang dibangun di dunia Islam yang  dibangun Abdul Malik bin Marwan dari Dinasti Umayyah.

Tour Ziarah Cheria Holiday 7Dinamakan Dome of the Rock  karena kubah tersebut memayungi batu karang yang diyakini menjadi tempat pijakan Nabi Muhammad SAW sebelum mi’raj. Selain itu, diyakini batu tersebut merupakan tempat Nabi Ibrahim mendapat perintah untuk menyembelih Nabi Ismail. The Dome of The Rock sering kali disangka sebagai Masjid Al-Aqsa. Ini perbedaan keduaanya, jadi jangan salah sangka ya.

Salinan Promo Aqso Cheria Holiday.jpgSetelah itu berjalan di dalam tembok Al-Quds melalui Via Dolorosa. Kemudian ziarah ke makam Rabiah El Adawiyah, pemilik nama lengkap Rabi’ah binti Ismail al-Adawiyah al-Bashriyah ini merupakan tokoh sufi perempuan. Sosok yang dikenal dengan sebutan the mother of the grand master atau Ibu para sufi besar ini terkenal dengan sikap zuhudnya. Lanjut ke pasar tua di kota suci (Al Qahtani, Khan Al Zait, Al Atarin), kemudian mengunjungi Gereja Makam Kudus dan Omar Mosque. Perjalanan terakhir hari ini ke Golgotha atau yang terkenal dengan tempat Yesus disalibkan oleh kaun Yahudi.

Jadwal Paket Tour Aqso-Cheria Holiday  8.jpgHari-hari sebelumnya kita disuguhi kisah Nabi Musa As, namun kita belum tahu dimana makam beliau, padahal nabi-nabi yang lain sudah diziarahi makamnya. Nah, di hari ke 8 ini kita akan tahu. Makam Nabi Musa berada di Jericho kota tertua di dunia. Terletak di salah satu ruang masjid yang berdiri di atas bukit wilayah tersebut.

Seperti yang telah dikisahkan dalam Al- Quranul Karim, Musa as beserta kaumnya terpaksa hidup terkatung-katung di padang Tiih dalam penantian selama 40 tahun karena kaumnya tidak berani memasuki tanah Palestina. Padahal nabi Allah ini telah membebaskan mereka dari kekejaman Fir-aun sekaligus memimpin mereka keluar dari negeri Mesir.

Tour Ziarah Cheria Holiday 8Usai ziarah langsung ke Allenby Bridge untuk menyeberang kembali ke Jordan. Kemudian mengunjungi Kerak dan Muta’a yang merupakan benteng bagi kekuasaan ummat Kristiani dan direbut oleh ummat muslim pada saat pertempuran Mu’tah.  Lanjut kunjungan ke makam Zaid bin Haretha, Jafa’a bin Aby Taleb, dan Abdallah bin Rahawa. Terkahir, ke Istana Shobak.

Jadwal Paket Tour Aqso-Cheria Holiday 9.jpgMemasuki Kota Petra yang merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Jordan, kita tidak menyangka jika kota ini pernah hilang diperadaban selama 500 tahun. Dan baru ditemukan oleh Johan Ludwig Burckhardt pada tahun 1812. Dari Petra, kita akan diajak ke Wadi Rum yang tertempuh satu jam perjalanan. Wadi Rum adalah lembah terluas yang ada di Jordan. Selain hamparan gurun pasir, kita disuguji bukit-bukit batu yang menjulang dengan nuansa perpaduan warna merah, oranye dan kuning. Bakal merasakan sensasi petualangan. Di Wadi, kita juga diajak menikmati Dessert Gurun Pasir.

Lanjut mengeksplor Kota Amman, ada kisah Ashabul Kahfi yang dijumpai. Dinamai `Al-Kahfi yang artinya gua dan Ashhabul Kahfi yang artinya penghuni-penghuni gua. Inilah goa dimana pernah ada 7 orang pemuda serta seekor anjing yang telah mendapatkan petunjuk untuk beriman pada Allah dan tertidur selama lebih dari 300 tahun. Kisah mereka yang kemudian melarikan diri dari Raja Dikyanus yang kejam ini ada dalam Al-Quran yaitu Surat Al-Kahfi.

Tour Ziarah Cheria Holiday 9Dan terakhir mengunjungi Makam Abdurrahman bin Auf. Ialah salah satu dari sepuluh sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijanjikan bakal masuk surga. Kita perlu meneladani Abdurrahman bin Auf. Di mata Rasulullah, Abdurrahman istimewa salah satunya karena kepedulian sahabat as-sabiqunal awwalun (golongan orang pertama masuk Islam) ini terhadap masyarakat lemah. Hatinya tetap lapang meski harta bendanya banyak didermakan untuk kepentingan itu.

Jadwal Paket Tour Aqso-Cheria Holiday 10.jpgIngatkah siapa orang yang mengumandangkan seruan adzan pertama kali? Ialah Bilal bin Rabah, yang termasuk orang-orang pertama pemeluk Islam. Seorang budak berkulit hitam memiliki kisah menarik tentang sebuah perjuangan mempertahankan aqidah yang merasakan penganiayaan orang-orang musyrik yang lebih berat dari siapa pun. Ke Makam Bilal bin Rabah-lah, kita akan diajak berziarah.

Hari ini kita mengakhiri sudah perjalanan ini. Kita akan diantar ke Queen Alia International Airport untuk penerbangan ke Muscat dengan pesawat Oman Air pukul 19:10 waktu setempat. Tiba di Muscat pukul 23:45, transit di muscat untuk terbang kembali kembali menuju Jakarta pukul 01:55 waktu setempat.

Jadwal Paket Tour Aqso-Cheria Holiday 11.jpgSelamat datang kembali ke Indonesia. InsyaAllah, akan sampai di Indonesia pukul 13:20.


Terlalu berkhayal diri ini sampai-sampai tidak sadar kalau masih di bumi Indonesia. Terlalu terbuai dengan objek-objek wisatanya yang mengagumkan. Kirain sudah angkat ransel.

Tapi tidak mau dong khayalan ini sekedar khayalan, harus segera ambil paket dong.  Alhamdulillah masih ada jadwal terakhir tahun ini yakni tanggal 17 November – 27 November 2018.  Nah, mengingat waktu kurang sebulan lagi, buru-buru deh segera daftar. Semoga tidak sampai sebulan lagi bisa shalat di Masjidil Aqso. Amiinn Ya Allah.

Promo Aqso Cheria Holiday.jpgBentar-bentar, cari lagi deh gimana cara daftarnya. Loh-loh, ternyata ada promo tour! Beruntung masih bisa tahun depan. Masih ada persiapan.

“Letakkan dulu handphonenya, udah adzan.” Seru ibu yang sudah mengenakan mukena akan ke masjid.

Gara-gara keasyikan, sampai lupa waktu ibadah. Maafkan hamba Ya Allah. Yang katanya mau sholat di Masjidil Aqso, tapi ke masjid biasa masih jarang-jarang. Buru-buru deh ambil air wudu.

“Shalat dulu biar doanya diijabah oleh Allah SWT. Semoga diberikan kelancaran terbang ke Palestina-Jordan-Mesir. Untung sudah pesan kan?” Tanya ibu.

Eh kan belum bayar. Duh, uang mana-uang mana.

Dan doa pun terwujud. Di suatu hari, saya dan ibu bersiap ke Mesir. Di waktu kapan? Hanya Allah yang bisa memberi jawaban.

Berangkat dengan Cheria Holiday.jpg


Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Cheria Holiday ke-#8 2018

Advertisements

11 thoughts on “Bersama Cheria Holiday Wujudkan Mimpi Shalat di Masjidil Aqso

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s